Tips Berlari di Era New Normal

Dampak Pandemi virus Corona terasa di seluruh dunia, termasuk bagi penggemar olahraga lari. Sebagian event lari di tahun 2020 dibatalkan dan sayangnya hingga artiket ini dibuat, vaksin virus Corona belum juga ditemukan. Keadaan seperti ini menuntut kita semua untuk memasuki era new normal . Lalu bagaimana agar kita bisa tetap aman berlari di era new normal ini , berikut tips dari kalenderlari.com :


1. Berlari sendiri

Salah satu protokol kesehatan  untuk mencegah penyebaran Virus Corona adalah Physical Distancing, yaitu kita dituntut untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain. Berlari sendiri tentu akan mempermudah kita untuk menerapkan physical distancing. Walaupun berarti kita harus melupakan sejenak serunya berlari bersama komunitas  atau teman-teman sesama pelari, tapi ini untuk kebaikan bersama. Jika harus ada yang menemani saat berlari, berlarilah dalam kelompok kecil tidak lebih dari 3 orang dengan tetap menjaga physical distancing.

2. Berlari disekitar tempat tinggal

Jika biasanya kamu berlari di taman, stadion atau trek lari yang memang digunakan banyak orang untuk berolahraga. Untuk saat ini ada baiknya kamu berlari disekitaran tempat tinggal kamu aja, berlari mengelilingi kompleks rumah misalnya akan jauh lebih aman. Sebisa mungkin juga hindari rute yang melewati tempat ramai seperti pasar. Kamu juga bisa mencoba berlari saat pagi hari, selain belum banyak orang yang beraktivitas, udaranya juga lebih segar.

3. Hindari kontak dengan benda-benda ditempat umum

Virus dan bakteri bisa saja menempel pada pagar ,tiang dan tempat duduk yang biasa kamu pegang waktu lagi pemanasan atau pendinginan. Jadi ada baiknya hindari kontak dengan benda-benda di tempat umum. Kalaupun kamu sudah memegang benda-benda di tempat umum, hindari menyentuh bagian muka atau kucek-kucek mata ya.

4. Bawa air minum sendiri

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sangat penting saat berlari. Nah, jika memungkinkan bawalah air minum sendiri saat berlari untuk mengurangi kontak fisik saat membeli air minum di warung atau supermarket. Saat ini ada banyak tersedia produk tempat air minum yang memang dikhususkan untuk olahlaraga lari , sehingga tetap nyaman dibawa saat berlari.

5. Intensitas rendah hingga sedang

Dimasa pandemi seperti ini, kita berolahraga untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, jadi sebaiknya olahraga apapun itu lakukan dalam intensitas ringan hingga sedang, tidak dianjurkan berolahraga dengan intensitas tinggi. Tujuannya agar tidak terlalu lelah dan waktu recovery yang diperlukan oleh tubuh kita lebih singkat . Setelah berolahraga dalam intensitas tinggi,  tubuh akan mengalami periode Open Window yang justru membuat tubuh kita dalam keadaan imunitas rendah dan rentan terserang penyakit.  Periode ini biasanya berlangsung 3-84 jam setelah tubuh melakukan aktivitas berat.


Demikian tadi tips berlari di era new normal dari kalenderlari.com. Kamu punya tips lain ? Yuk tuliskan tips kamu di kolom komentar . Semoga masa pandemi ini cepat berlalu ya, agar kita semua bisa kembali berlari dan beraktivitas seperti sediakala.

Post Author: Kalender Lari

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments