Istilah dalam dunia lari

Halo runners, buat kita yang masih awam atau yang baru mulai suka lari mungkin sering mendengar istilah-istilah dalam olahraga lari yang masih asing ditelinga. Nah kali ini kalenderlari.com akan coba bantu membahas beberapa istilah dalam dunia lari .

5K : Kategori lari dengan jarak 5 kilometer

10K : Kategori lari dengan jarak 10 kilometer

Bandit : Orang yang berpartisipasi dalam sebuah lomba lari secara tidak resmi, misal: tidak melakukan registrasi tapi ikut lari di rute lomba lari menggunakan BIB palsu

BIB : Nomor dada , kertas yang ditempelkan di baju pelari sebagai identitas peserta dalam sebuah lomba lari

BQ (Boston Qualifier) : Pelari yang sudah memiliki catatan waktu sesuai kualifikasi untuk mengikuti Boston Marathon

Cadence : Jumlah langkah permenit

Carbo Loading : Kegiatan mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak beberapa hari menjelang  lomba seperti marathon atau half marathon atau jarak yang lebih jauh. Fungsinya untuk menyimpan glikogen ekstra dalam otot , yang nantinya akan menjadi sumber energi saat berlomba.

Chip Time : Catatan waktu yang dihitung mulai saat pelari melewati garis start hingga pelari melewati garis finish

COT (Cut of Time) : Batas waktu maksimal bagi pelari untuk menyelesaikan suatu kategori lari.

DNF (Did Not Finish) : Kondisi dimana pelari tidak dapat menyelesaikan sebuah kategori lari hingga garis finish.

DNS (Did Not Start) : Kondisi dimana pelari sudah terdaftar disebuah perlombaan lari namun gagal mengikuti perlombaan karna tidak berada di garis start saat perlombaan dimulai .

Easy Run : Lari yang dilakukan dengan santai dan masih dapat berbincang-bincang (Conversational Pace).

Fartlek : Berasal dari bahasa Swedia yang artinya speed play. Fartlek merupakan salah satu bentuk latihan yang mengombinasikan berbagai kecepatan

FM (Full Marathon) : Biasa juga  disebut Marathon. Kategori lari dengan jarak 42.195 kilometer

Gun time : Catatan waktu yang dihitung mulai saat bendera start diangkat atau pistol ditembakkan hingga pelari melewati garis finish. Untuk pelari yang saat start berada agak jauh dari garis start , catatan Gun Time nya pasti akan lebih lama dibandingkan Chip Time nya.

Hit The Wall : Kondisi dimana pelari kehabisan energi disaat mengikuti lomba. Penyebabnya karna menipisnya glikogen yang tersimpan dalam otot.

HM (Half Marathon) : Kategori lari dengan jarak 21.0975 kilometer

HR  (Heart Rate)  : Detak jantung , umumnya pada dunia lari HR dibagi menjadi  5 zona (zona  1-5) yang tiap orang bisa berbeda tergantung usianya. Bisa diukur menggunakan Heart Rate Monitor yang ada di sport watch atau sensor yang ditempelkan di dada.

Interval : Metode latihan intensitas tinggi pada jarak/waktu tertentu lalu diselingi dengan waktu pemulihan dengan waktu tertentu kemudian diulangi sebanyak beberapa repetisi. Ada banyak variasi untuk jarak ,waktu dan jumlah repetisi dalam melakukan latihan interval.

Pace : Kecepatan dalam berlari , satuannya menit/km. Misal seseorang berlari pace 5 , itu artinya orang tersebut membutuhkan waktu 5 menit untuk menempuh jarak 1 KM . Pace 7:30 , artinya membutuhkan waktu 7:30 menit untuk menempuh tiap kilometernya , begitu seterusnya. Semakin kecil angka berarti semakin cepat

Pacer : Pace Maker , pelari yang ditugaskan untuk membantu pelari lain untuk dapat berlari sesuai dengan pace yang sudah ditentukan.

PB (Personal Best) : Catatan waktu terbaik seseorang dalam menyelesaikan jarak lari tertentu .

Tapering : Pengurangan volume latihan sebelum pertandingan yang bermanfaat dalam pemulihan kondisi tubuh dan mengoptimalkan performa setelah fase latihan yang berat.

Tempo : Metode latihan dengan upaya sedikit di atas ambang anaerobik kita. Gampangnya kita berlari pada kecepatan yang masih memungkinkan kita untuk berbicara, namun terpatah-patah.

Ultra Marathon : Jarak lomba lari diatas FM

VO2MAX : Volume maksimum oksigen (dalam mililiter) yang dapat Anda konsumsi per menit per kilogram berat badan pada kinerja maksimum Anda. Secara sederhana, VO2 max merupakan indikasi kebugaran aerobik. Makin tinggi nilai VO2MAX seseorang, menandakan semakin bugar orang tersebut.

Virtual Run : Event lari yang bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun sehingga pelari tak perlu datang ke lokasi event, seperti event lari konvensional biasanya. Secara umum peserta hanya perlu melakukan pendaftaran secara online, pilih event, dan mulai berlari. Upload hasil lari, dan setelah mencapai target yang ditentukan, finisher medal akan dikirim ke rumah peserta.

WMM (World Marathon Majors) :  Seri event marathon terbesar di dunia. Saat ini, hanya ada enam seri lari maraton yang masuk dalam World Marathon Majors, yaitu Tokyo Marathon, B.A.A. Boston Marathon, Virgin Money London Marathon, BMW BERLIN-MARATHON, Bank of America Chicago Marathon and TCS New York City Marathon.  Pelari yang berhasil menyelesaikan ke-enam event marathon ini akan mendapatkan Six Star Finisher Medal

Ada istilah lain yang kamu tau? yuk komen di bawah. Jangan lupa follow instagram @kalender_lari  dan Facebook Page Kalender Lari untuk info seputar event lari .

Post Author:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments